Fast Response

Whats'up 082242433432
Pin BB 56d4728f
Call 6282137593321
Line pusatdataid.com
YM jelly_jony
Home » » Diversifikasi Portofolio Internasional

Diversifikasi Portofolio Internasional


Diversifikasi Portofolio Internasional
Dalam melakukan diversifikasi investasi portofolio internasional, paling sedikit ada dua faktor yang perlu diperhatikan yaitu risiko terhadap untung rugi dan risiko fluktuasi kurs. Akan dibahas gambaran singkat mengenai pertama risiko terhadap keuntungan dan kemungkinan risiko terhadap fluktuasi kurs.

1.     Efek Risiko
Efek risiko terhadap keuntungan sudah dijelaskan sangat tergantung dari koefisien korelasi dari berbagai portofolio. Problema utama dari risiko portofolio ini adalah koefisien secara teoritis selalu berubah dari waktu ke waktu. Sehingga kesulitan terutama adalah dalam penentuan koefisien korelasi tersebut dalam kurun waktu tertentu. Data atau informasi yang tersedia biasanya terbatas dan tidak dalam fungsi yang berurutan (time series). Portofolio yang efisien biasanya diasumsikan dari tataran pasar yang terintegrasi dengan sempurna, kemudian pasar internasional dan baru pasar domestik.
Dari data empiris empiris berdasarkan sejarah masa lalu dapat dilakukan studiekonometri dengan mengembangkan model statistik. Model ini apabila dengan pengujian statistik menjadi model yang signifikan, maka dapat dopakai untuk analisa investasi portofolio.
Model empirik yang sering dipakai untuk analisa portofolio adalah model indeks tunggal yang melihat kenyataan bahwa pada saat pasar membaik,maka harga saham individu juga meningkat.Ini menunjukkan bahwa tingkat keuntungan saham tergantung erat atau terkorelasi denga harga pasar.Dengan rumus dapat dinyatakan sebagai :

Ri = f (Rm)

 


Dalam hal ini Ri =harga saham portofolio tertentu (i) dan Rm = adalah harga saham gabungan sejumlah m.Data yang biasa dipakai di Indonesia adalah IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan).

2.      Efek Fluktuasi Kurs
        Apabila melakukan diversifikasi investasi portofolio di pasar internasional,ada kemungkinan terjadi efek fluktuasi kurs.Efek keuntungan dari investor tidak hanya dari pengembalian modal,tetapi dalam investasi portofolio internasional juga tergantung dari fluktuasi kurs.Apabila Rd adalah tingkat keuntungan dari pemodal domestik (1),Ri adalah tingkat keuntungan pemodal internasional (2),dan e adalah fluktuasi kurs domestik (1) terhadap mata uang internasional (2),maka tingkat keuntungan pemodal domestik secara ringkas dapat dinyatakan sebagai berikut :

( 1 + Rd) = (1 + Ri) (1 + e)
1   + Rd = 1 + Ri + e + Ri e
Rd = Ri + e (dengan asumsi Ri e mendekati 0



 



Artinya ,Rd adalah keuntungan portofolio domestik dengan kurs lokal/mata uang lemah terhadap Ri dalam mata uang kuat dan e adalah laju apresiasi/depresiasi dari kurs lokal.

Varian Rd = Varian (Ri) + Varian (e) + 2 Covarian (Ri e).

Dari formulasi varian ini,dapat dinyatakan bahwa perubahan fluktuasi kurs,varian keuntungan pasar modal internasional dan covarian Ri dan e, akan mempengaruhi varian keuntungan domestik.

1 komentar:

Dikares mengatakan...

Thanks infonya. Oiya ngomongin diversifikasi, ada beberapa hal loh yang sejatinya perlu diperhatikan oleh investor sebelum melakukannya. Apa aja itu? Temen-temen bisa cek di sini: diversifikasi investasi aman